Sabtu, 31 Januari 2015

Murid MDA An-Noor Sukses Bawakan Syair Al-Barzanji

Kandangan – Humas, Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) An-Noor yang berada di Desa Batang Kulur Tengah Kecamatan Sungai Raya menggelar peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW 1436 H, Rabu (21/01/15). Peringatan yang dilaksanakan di ruang kelas tersebut diikuti oleh 35 orang murid dan 9 orang guru beserta orang tua dan wali murid 
Menurut Kepala MDA An-Noor, M. Rafi’i, S. Ag, melalui peringatan mulid Nabi Muhammad SAW diharapkan akan menanamkan dan menambah kecintaan kepada Rasul Allah sedari kecil. 
“Agar anak didik cinta kepada Nabi Muhammad SAW maka sedari kecil anak harus diperkenalkan dengan sosok Beliau, salah satunya adalah melalui peringatan maulid ini, karena ibarat pepatah tak kenal maka tak sayang dan tak sayang maka tak cinta, agar anak kenal dengan Nabi nya maka kenalkan ia dengan Nabi tersebut,” kata Rafi’i yang juga merupakan Penyuluh Agama Islam Fungsional pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai selatan.
Sementara itu Ustadz M. Rahmadi dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa dalam syair-syair maulid terdapat pelajaran yang menceritakan kemulian akhlak atau pribadi Nabi Muhammad SAW, seperti halnya dalam syair maulid Al-Barjanji. “Jadi selain pandai membaca syairnya kita juga harus belajar memahami isi atau makna yang terkandung dalam syair tersebut,” kata  M. Rahmadi.  
Acara puncak peringatan maulid di MDA An-Noor ini diisi dengan pembacaan syair-syair maulid Al-Barjanji oleh murid madrasah itu sendiri, hal ini selain sebagai buah dari latihan yang dilaksanakan selama ini, juga diharapkan sebagai pembiasaan kepada anak didik untuk berani tampil di muka umum sebagai bekal mereka terjun ke masyarakat di masa yang akan datang. 
Walaupun peringatan maulid ini dilaksanakan secara sederhana dan petugas yang membacakan syair maulid dari anak didik semua, namun tidak mengurangi kesuksesan dari pelaksanaannya. (Rep: Aidil/Ft:M. Rafi’i_Humas Kemenag HSS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar